Minggu, 20 Desember 2015

Tips Memperbaiki Handphone Yang Terkena Air

Memperbaiki handphone yang terendam air bagi sebagian orang mungkin sudah tahu caranya memperbaikinya. akan tetapi sebagian orang pengguna handphone pasti tidak mengetahuinya. maka daripada itu saya akan mencoba berbagi tips memperbaiki handphone yang terendam air. untuk lebih jelasnya silahkan simak step – step sebagai berikut ;

1. Segera ambil handphone yang terendam air.
Pada saat handphone terendam air segera ambil, walaupun kelihatannya tertutup rapat namun air dapat dengan cepat merembes hingga kedalam handphone. Inilah detik-detik yang menentukan hidup matinya sebuah handphone dalam menghindari konsleting yang dapat mengakibatkan kerusakan.
2. Jangan menyalakan handphone
Setelah handphone baru saja di angkat dari air, janganlah terlebih dulu menyalakan handphone tersebut. Jangan tergesa-gesa mengetahui apakah handphone tersebut masih hidup atau sudah mati. Justru pada saat handphone baru terkena air kemudian dinyalakan akan memicu konsleting listrik yang dapat mengakibatkan handphone mati.
3. Lepas semua kasing atau cover.
Sebenarnya yang mengakibatkan handphone tersebut rusak bukanlah rendaman air tetapi konsleting listrik. Air dapat menjadi salah satu pemicunya. Pada saat dalam penampung air handphone terendam, kemudian air tidak masuk kedalam elemen handphone tersebut maka tidak akan terjadi sesuatu pada handphone. Namun sebaliknya walau terkena sedikit hujan atau genangan air atau pun keringat apabila masuk ke dalam elemen maka dapat memicu kerusakan elemen karena konsleting listrik. untuk menghindari konsleting tersebut, ada baiknya anda melepas semua kasing atau cover handphone, ini dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa air yang mungkin menempel di kasing dan dapat memicu konsleting.
4. Keringkan handphone yang terendam air.
Setelah semua kasing dan cover di buka, maka yang harus anda lakukan adalah mengeringkan handphone tersebut. dapat anda jemur dibawah sinar matahari atau juga dapat bersihkan dengan handuk kemudian menggunakan vacuum cleaner (penyedot debu). Hal-hal yang harus anda perhatikan yaitu jangan sampai tersangkut di sela-sela permukaan handphone pada saat membersihkan dengan handuk. Jangan mengarahkan corong vacuum cleaner terlalu dekat ke handphone karena alat ini menghasilkan listrik statis yang bahkan lebih berbahaya untuk handphone dibandingkan air sekalipun.
Jangan menggunakan pengering rambut (hair dryer) atau benda apa pun yang sifatnya meniupkan angin. Alat-alat tersebut dapat mendorong air dan kelembaban lebih jauh ke dalam handphone sehingga berpotensi memperparah kerusakan.
5. Lepas kartu SIM dan memori card.
Air yang basah dapat memicu korosi pada bagian kontak yang terbuat dari metal yang dapat membuat kerusakan pada keduanya. Setelah dikeluarkan keringkan dengan dilap dan jemur sebentar. Kadang data-data yang ada didalam memori atau kartu SIM lebih penting daripada handphone sendiri.
6. Jangan coba ambil handphone yang terendam pada saat di cas.
Pada Saat handphone anda terendam air dan kondisi handphone masih dalam keadaan terhubung dengan arus listrik, jangan langsung ambil handphone anda. Alih-alih menyelamatkan handphone justru malah nyawa anda akan terancam. Matikan listrik terlebih dahulu kemudian anda ambil handphone tersebut.
7. Coba nyalakan handphone.
Setelah berusaha melakukan cara-cara yang sudah di sebut di atas, langkah selanjutnya adalah menyalakan handphone. Pastikan semua elemen benar-benar kering, setelah itu pasang kasing dan cover. Insya Allah handphone akan kembali menyala.
Jika tips diatas belum dapat menyelamatkan handphone anda, segera hubungi tempat servis didaerah anda. Jangan coba melakukan sendiri tanpa dibimbing oleh profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar